HOT NEWS! Keluar dari Persembunyian, Emak-emak Jogja Bongkar Hoax Terbaru Kubu Prabowo, Mau Tau?


Usai terbongkarnya kasus Hoax Ratna Sarumpaet, Kubu Prabowo Subianto kembali diterpa isu hoax. Kali ini giliran soal klaim Kubu Prabowo - Sandi yang menyebut Prabowo adalah pendaki Gunung everset pertama dari Asia Tenggara.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Tim Kampanye Prabowo - Sandi, Mardani Ali Sera. Dikutip dari detik.com (12/10/2018), saat menjadi tamu dalam talkshow Mata Najwa, politikus PKS tersebut mengklaim jika Prabowo dan Tim Kopasus adalah orang pertama yang sukses meginjakan kaki di puncak Everest pada 26 April 1997 lalu.

Belakangan, klaim ini terbongkar hanya hoax belaka. Adalah seorang emak-emak asal Yogyakarta, Clara Sumarwati yang menjadi pematah klaim kubu Prabowo. Justru, Clara yang berumur 53 tahun inilah orang pertama yang sukses mendaki everest pada 1996 silam.

Bukti jika Clara adalah pendaki pertama, adalah tercatat di everestsummiteersassociation.org. Saat penulis mengecek langsung, di sana benar tertulis nama Clara sebagai pendaki pertama yang sampai puncak Everest dari Indonesia sekaligus dari Asia Tenggara.

Sebagai orang pertama yang sukses mendaki puncak Everst, Clara mendapat sejumlah penghargaan, seperti penghargaan Mountaineering Association Of The People's Republic Of China dan Bintang Naraya dari Presiden Soeharto.

Nama Clara berada di urutan pertama bertanggal 26 September 1996. Berikutnya terdapat dua nama lain yakni Asmujiono dan Masirin yang sama - sama muncak pada 26 April 1997. Dua nama inilah yang merupakan anggota Kopassus yang menjadi tim ke Eeverest bentukan Prabowo.

Saat disinggung soal klaim Mardani yang menyebut Prabowo orang pertama, Clara menanggapi santai tapi menohok. "Jangan dilawan, mereka memang begitu," katanya seperti dikutip dari detik.com (12/10/2018).

Post a Comment

0 Comments