Awas Jangan Tertipu, Nih 6 Trik Cerdas Belanja di Supermarket !!


Supermarket menjadi salah satu tempat belanja favorit generasi masa kini. Bukan cuma karena tempatnya yang bersih, supermarket dianggap punya banyak kelebihan dibanding pasar tradisional.

Pertama, karena barang-barang yang dijual di supermarket cukup lengkap: mulai dari sayur, buah, lauk-pauk, sampai bumbu masak beragam merk.

Alasan selanjutnya yang membuat supermarket lebih menarik adalah asanya beragam promo, seperti beli 1 gratis 1, potongan harga, hingga hadiah langsung untuk pembelanjaan tertentu.

Tapi, kalau kamu kurang teliti saat belanja di supermarket, kamu bisa saja tertipu teknik marketing yang handal.

Makanya, biar nggak salah pilih, coba deh lakukan 6 trik cerdas ala Brightside ini waktu lagi belanja di supermarket.

1. Say no to repackaged!

Produk repackaged atau dikemas ulang harganya memang relatif lebih murah. Tapi, kalau yang kamu cari adalah makanan yang masih segar dengan masa simpan yang lama, ada baiknya kamu hindari produk-produk yang dikemas ulang.

2. Cek lagi kondisi kemasan

Pernah dengar “don’t judge a book by its cover“? Percayalah, kutipan yang satu ini sama sekali nggak berlaku saat kamu membeli makanan.

Kemasan yang kotor, penyok, dan ada bekas noda menandakan ada yang salah saat penyimpanan. Makanya, pilih produk yang kemasannya bagus dan bersih.

3. Perhatikan item yang kamu pilih!

Supermarket biasanya punya lampu yang super terang untuk membuat produk yang dijualnya terlihat menarik.

Tapi, jangan sampai tertipu ya!

Sebelum memasukkan barang ke keranjang belanja, coba perhatikan sekali lagi kondisinya. Misalnya, saat membeli makanan beku, kamu harus menghindari yang punya banyak bunga es di atasnya, karena ini berarti bahwa makanan tersebut telah berulang kali dibekukan dan dicairkan.

4. Jelajahi etalase!

Penataan tempat yang tepat merupakan salah satu teknik marketing handal di supermarket. Biasanya, barang-barang paling mahal akan diletakkan tepat di bagian tengah etalase atau yang paling mudah terlihat.

Selain itu, barang yang mendekati masa kadaluwarsa biasanya ditaruh di deretan paling depan. Makanya, nggak usah sungkan untuk meraih bagian belakang rak untuk mendapatkan barang yang lebih baru.

5. Pahami yang tertulis di label

Apa yang tertulis di label akan memudahkanmu untuk memilih produk yang tepat. Misalnya saat memilih cokelat, kamu bisa melihat kandungan kokoa di dalamnya.

Selain itu, jangan mudah percaya dengan tulisan ‘rendah kolesterol’, ‘diperkaya vitamin, ‘tanpa tambahan gula’, dan semacamnya. Coba perhatikan di bagian komposisi atau atau label AKG untuk mengetahui kandungan produk.

6. Malu bertanya, sesat di jalan

Supermarket biasanya punya beragam produk dengan berbagai merk. Kalau kamu nggak yakin akan suatu barang, seperti harga, kesegaran, atau masa kadaluarsanya, jangan sungkan untuk bertanya.

Mengetahui lebih banyak, akan membuatmu lebih mudah mengambil keputusan barang mana yang harus kamu beli.

Buat kamu yang gemar belanja di supermarket, semoga 6 tips ini bisa membantu ya!

Post a Comment

0 Comments